Monday 26 May 2014

Terbangun (dan, bila diizinkan, Terjaga)

HELLO WORLD!

Oke,
kalau dihitung - hitung, berarti sudah 4 tahun gue hiatus.

4 tahun. 4 TAHUN. 4 TAHUN #heboh

Gue skip blog ini sepanjang kehidupan SMA dan tahun pertama kuliah. Luar biasa banget gue diingatkan kembali kalo gue punya blog ini sebagai salah satu bagian hidup gue (Heboh ye kedengarannya, tapi itu kenyataannya)

Berarti sekarang ente udah kuliah, Tan?

IYA NDRO. Gue udah kuliah. Time flies so fast that I actually find it hard to remember my very first day of university admission, don't bother to ask about my first day of high school. Hahaha. Cem orang tua aja ya awak ini.

Jadi mau cerita sikitlah ya apa yang udah terjadi selama 4 tahun ini. Gue harap kaga bakal lama, tapi ya udahlah ye, kemampuan merangkum gue semakin baik kok semakin gue masuk kuliah ini. Jadi ya mampir diliat - liat aja dulu sis, bun :

Masa SMA 
Puji Tuhan. Gue bener - bener bersyukur bisa diterima dan pernah jadi salah satu bagian dari sekolah ini, SMAN 8 Jakarta. Kalo lo tanya gue, asik ga sih Tan jadi anak SMA?



Asik ga asik



Bukan jawaban yang  diharapkan banget ya. Hahaha. Iye, ngerti kok. Gue juga ga pengen pengen amat ngejalaninnya ampe gitu gitu amat (apa sih?). Tapi kalau ditanya, bersyukurkah gue menjalani kehidupan SMA gue?



I'M THE MOST GRATEFUL PERSON



Di sekolah ini, gue kenal -secara pribadi- satu sosok yang mengasihi gue lebih dari apapun, yang rela mati buat hidup gue yang pada dasarnya sudah sangat ga layak untuk diperjuangkan. Namanya YESUS. Gue lahir baru juga di sekolah ini. Gue rasa inilah jalan Tuhan. Dia izinkan gue masuk ke SMA ini untuk mengenal Dia, secara pribadi, dan menerima Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat atas hidup gue, secara pribadi. Disini, Tuhan menampar gue. Mengajarkan hal - hal, yang gue pikir, ga bakal pernah gue tahu dan mustahil untuk dilakukan. Tapi Dia lakukan, agar gue bisa melakukannya. Ngeri banget bos kalo dipikir - pikir, gue begitu lama hidup dengan kebencian, dendam, amarah, kecanduan, sebutkanlah hal - hal yang menyeramkan, tapi Dia masih mau menyelamatkan gue dari lobang jamban dosa (I called it that way ye) yang selama ini gue terperangkap dan (hampir) mati tenggelam disana. Lo mau juga diselamatkan kini dan nanti? DIA udah menyediakan keselamatan itu buat lo. TanganNya udah mengulur ke arah lo. Lo mau ga menggenggam tangan yang terulur itu? :)

Wuih, tobat Tan?

Pengenalan yang benar akan Dia membawa kepada pertobatan kok brosis. Jadi, dengan penuh kerendahan hati dan hati yang penuh sukacita, gue akan bilang, gue SUDAH diselamatkan. Ngana mau juga? :D

Balik lagi ke kehidupan SMA gue (yang sudah lewat). Beneran, tanpa kenal Tuhan, gue rasa masa SMA akan jadi masa paling buruk di antara masa - masa pendidikan yang gue lewati. Gue ga ngalamin soalnya masa SMA cem di FTV gitu (katanya sih itu standar kehidupan SMA yang asik. Tapi, kalo ditanya sekarang, gue juga ga yakin cabut ke mall tiap pulsek atau nangis seminggu suntuk gegara putus sama pacar atau kabur dari rumah gegara ga sepaham sama ortu (cerita FTV gitu ga sih?Haha) adalah hal yang tepat juga untuk ngabisin masa SMA gue [ga tau kamu ya,kalau ane sih ngerasa itu ndak tepat aja.Hehe ^^v] ). Kenapa mungkin jadi yang paling buruk? Gue tahu sih kesannya apa bener, tapi gue adalah satu - satunya anak dari SMP gue yang ngelanjutin ke 8. Jadilah gue bener - bener sendiri disana. Seneng juga sih jadi bener - bener ketemu orang baru. Tapi yang ga enaknya juga, soalnya di 8 mayoritas anak - anaknya dari SMP yang sama. Contohnya, anak 115 dan Labschool. Ya udah kaya pindah gedung aja ke 8. Jadinya mereka juga kebanyakan gaulnya sama temen - temen SMP mereka. Itu sepengamatan gue ya. Ya apalah awak ini. Sebenarnya asik asik aja sih kalo lo emang supel berat, tapi gue? Hehe. Pergumulan sob. Belum lagi dari tarpat yang luar biasa asiknya dunia pertemanannya, di SMA kehidupan pertemanan berasa ada aja gap-nya. Ga ngerti juga kenapa. Apa perasaan gue aja? Hahaha.

Tapi, gue bener - bener bersyukur. Beneran. Gue bisa bilang kalo masa SMA - yang gue bilang - merupakan masa terburuk di antara masa - masa pendidikan gue yang lain, Tuhan ubahkan jadi salah satu masa - masa terbaik gue. Puji Tuhan, sampai tahun pertama kuliah gue ini selesai, Tuhan tidak membiarkan satu pun masa pendidikan gue ada yang "terburuk". Di tiap tahap pendidikan gue, SD SMP SMA Kuliah, Dia buat, pasti, ada aja kebaikan di tiap tahapnya. Gue bisa dipersatukan dengan persekutuan yang tepat, Rokris 8. Tempat gue bertumbuh pertama kali. Rokris, yang menurut gue, ga cuma sekedar ketawa - tawa, tapi gue bener - bener belajar Firman disini. Walaupun, emang harus gue akui, angkatan gue adalah angkatan yang santai (banget) tapi gue tetap merasakan pertumbuhan disini. Gue bersyukur. Amat sangat bersyukur. Sampai mau masuk tahun kedua di kuliah, gue masih tetep kangen DP/DS (Doa Pagi/Doa Siang) rutin di 8. Sampai sekarang, Bang Alex Nanlohy masih jadi pembicara Firman favorit gue.

Gue bersyukur di 8 gue masuk ke subseksi Teksound  (Teknologi dan Sound System) atau disingkat TX. Apa sih subseksi itu? Subseksi (atau disingkat subsi) itu organisasi di bawah OSIS yang menaungi berbagai minat dan bakat siswa. Kayak ekskul di sekolah lain, tapi di 8, ekskul itu berada di bawah subsi ini. Lo bisa aja ga ikut ekskul di 8, tapi kalo lo ga ikut subsi, kayanya ada yang kurang aja kali ye. Ada juga sih yang ga ikutan, orang - orang menyebutnya non-subsi. Kesannya apa gitu ye pake julukan non gitu. Gue bisa bilang anak 8 ga cuma belajar aja karena adanya subsi ini. Kaderisasi subsi minimal 1 bulan lho. Pencinta alam sekolah gue kader-nya ampe 9 bulan. Ampe beranak baru dilantik. Jadi bisa gue bilang anak 8 udah lumayan fasih soal kader-kader begini. Biasanya yang doyan organisasi dari SMA bakal lanjut pas kuliah, jadi ketua atau menteri atau ya pokoke aktif di BEM/KM/Senat universitasnya. Gue? Hehehehehhhhhhh *hela napas*. Balik ke subsi ane. Subsi gue ASIK! Gue emang ga aktif aktif amat di subsi gue, (biar kata punya jabatan. Jabatan gue juga cuma jadi satpam dan tukang bebersih markas kok.Tapi gue tetep seneng dan bersyukur bisa dikasi kepercayaan untuk jadi koordinator tower. Ya walaupun, gue juga cuma aktif bebersih 4 bulan pertama *huhuhuhu* *Maaf ya TX* *Tapi gue udah bikin daftar piket, ga ada yang pernah dateng* *pundung* *aduh kok ini banyak amat curhatnya*) tapi gue tau persis subsi gue ini solid berat. Sampe angkatan yang ke atas banget (sampe 6 tahun ke atas kita bahkan ada yang sampe 16 tahun!) masih tetap terjaga banget silahturahmi-nya. Gue pribadi, kagum banget sama para alumni yang masih perhatian ke angkatan - angkatan bawahnya, terutama pas gue masih jadi siswa saat itu. Belum lagi, gue ketemu berbagai macam bentuk manusia di subsi gue ini. Yang imba berat sampe yang cengengesan berat. Gabungan dari keduanya? Segerobak. Tinggal pilih aje mau yang kek mana spek- speknya. Gue belajar bergaul dan berteman dengan berbagai ragam sifat manusia di TX. Bener - bener belajar dan bermain dengan asik deh TX ini #promo Oh ya, Rangking 1 angkatan 2013 sering dateng dari subsi gue ini lho. Yang gue inget Awang dan Dani. Kalo ga salah, Awang atau Dani sampe 2 kali jadi yang rangking 1 *cmiiw*

Kalo lo Tan?

Hehehehehehehehehhhhhhhhhhh *hela napas* Tapi gue bersyukur kok gue menjalani kehidupan SMA ini dengan baik. Gue ga nyangka Tuhan masih memberikan gue kesempatan untuk bisa menjalani kehidupan berpendidikan di SMA 8 ini dengan baik. Beneran lho. Gue harus bilang di 8, gue kaya dipersiapkan untuk dunia kuliah. Dulu ada yang bilang, soal ujian gue diambil dari soal SIMAK UI. Yang paling ekstrem, kabar burung yang beredar, soal SIMAK UI diambil dari soal ujian sekolah gue. Ya, coba dibayangin dulu aja kali ya.
Gue ditampar Tuhan pertama kali pas UTS kelas 10 semester 1. Gue masih inget banget itu ujian matematika dan nilai gue parah banget ga keru keruan. Banyak juga sih yang hancur. Tapi, nilai gue itu true disaster. Porak Poranda. Hancur berantakan. Kebakaran. Terus kebanjiran gegara air mata #halah Tapi, di saat yang sama, ada aja temen sekelas gue seorang yang nilainya 100. Jadi kalo ditanya imba-nya kek apa? Di 8 suka berasa banget kesenjangan sosialnya. Hahaha. Setelah itu, gue mulai mengubah cara belajar gue. Tapi belum sepenuhnya tobat *huhuhu* Gue (bener - bener) bersyukur dan (bener - bener) kaget juga kalau memikirkan kembali, dengan cara belajar gue (65% SKS. Sama sekali ga bagus), Tuhan masih mengizinkan gue 10 besar (di kelas ye) selama gue sekolah di 8. Mukjizat itu nyata men. Tapi beneran, gue percaya Tuhan akan izinkan gue untuk meraih yang jauh jauh lebih baik kalau gue belajar dengan cara yang tepat. So, make sure you learn in a right way, comrade! #notetoself

Gue juga bersyukur sama X-F, XI IPA C dan XII IPA B. Gue masih inget senam bareng XII IPA B. Penutup masa SMA yang luar biasa banget itu. Latihan di apartemen FarDin sampe sewa tempat senam (!) untuk latihan. Temen - temen gue yang laen ampe pada turun berat badan gara - gara latihan senam (dan juga gara - gara stress kelas 12 mungkin?).

Kalo lo Tan?

Yang masuk seimbang sama yang keluar. Gimana mau turun kiloan badan?



Nah, itulah dia rangkuman 3 tahun masa SMA punya saya. Udah dirangkum seringkas - ringkasnya tuh. Hehe. Lanjutan tahun pertama perkuliahan besok (atau besok besok) lagi ya. [kek blog terkenal aja pake planning ginian. Cem ada aja yang baca] Hahaha.

Permisi dulu mas, mbak.

No comments: